Sabtu, 04 Agustus 2012

Kesan dari ikut UKG: MIKIRIN SOAL ATAU MENGOPERASIKAN KOMPUTER?

Berdasarkan pantauan selintas di tempat diselenggarakannya UKG yang diikuti guru SD, hampir 95% guru belum bisa mengoperasikan komputer! Jangankan menggeser kursor, memegang mouse-nya saja masih seperti memegang gelas tipis yang gampang pecah (=jejereged, Sund.). Segalanya masih terlihat kaku!
Banyak kejadian kesalahan teknis akibat human error. Misalnya saja saat selesai mengklik jawaban, peserta tidak memijit spasi (=meng-OKE kan jawaban), tetapi malah pindah ke soal berikutnya. Akibatnya saat waktu 120 menit selesai (dan peserta merasa telah selesai menjawab 100 soal), ketika diperiksa ternyata dia dianggap baru menyelesaikan 1 soal saja! Artinya, saat waktu habis masih ada 99 soal yang belum terjawab.
Sebetulnya, dalam menjawab soal kita dapat memilih soal dengan mudah. Saat kita menemukan soal yang agak susah, kita dapat berpindah ke soal berikutnya. Namun pada praktiknya, peserta lebih banyak memikirkan bagaimana menggeser korsor atau berpindah halaman.
Pendek kata, peserta lebih berkonsentrasi pada pengoperasian komputer ketimbang pada soal tes yang dihadapinya! Sepertinya, guru perlu keberanian untuk memulai alih teknologi, supaya tidak GAPTEK. Alasan "akh, aku mah sudah tua, silakan aja yang muda-muda pake komputer mah!" perlu dihilangkan. Belajar tidak ada batasan waktu coy! Yu Ah ngiridit laptop, wkwkwkwk! (tina sertifikasi we lah, da ayeuna mah tos marurah laptop teh nya, hahaha!) - XOZ

Tidak ada komentar:

Posting Komentar